SISTEM INFORMASI PENJUALAN MEBEL SECARA ONLINE PADA TOKO KENCANA JATI RAYA SEMARANG

  1. Abstrak

Toko Mebel Kencana Jati Raya Semarang masih memerlukan adanya perluasan wilayah dalam penjualan produk yang disediakan baik untuk pelanggan didalam kota Semarang maupun di wilayah lain. Untuk promosi produk yang dijual pada Toko Mebel Kencana Jati Raya Semarang saat ini hanya dilakukan dengan menggunakan kartu nama ataupun dari mulut ke mulut. Juga dalam pencatatan transaksi pada toko ini masih dengan menulis pada buku, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan juga memungkinkan adanya backup data. Pada saat ini cara pembelian pada Toko Mebel Kencana Jati Raya Semarang adalah pelanggan secara langsung datang ke toko untuk melihat dan memesan produk yang disediakan. Dengan membangun sistem informasi penjualan berbasis website pada Toko MebelKencana Jati Raya Semarang maka dapat membantu perusahaan dan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli, juga dapat membantu perusahaan mempromosikan produk melalui internet. Metode pengembangan menggunakan waterfall, perancangan menggunakan pemodelanUML (Unified Modeling Languange) dengan menyertakan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram, sedangkan perancangan basis data dengan menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), tabel relasi, dan kamus data. Pembuatan sistem penjualan berbasis website menggunakan CMS (Content Management Software) yaitu Prestashop. Hasil dari penelitian ini berupa perancangan sistem penjualan berbasis website yang dapat diimplementasikan dengan baik oleh perusahaan guna mempromosikan produk mebel dan melakukan transaksi jual beli secara mudah kepada pelangganKata kunci : Sistem penjualan berbasis website, E-commerce, UML (Unified Modeling Language), CMS(Content Management Software), Waterfall.

2. Use Case Diagram Penjualan Mebel Secara Online

Star UML kia

3. Skenario

Use Case Name Sistem Informasi Penjualan Mebel Secara Online
Actor –          Admin

–          Pelanggan

Tujuan –          Pelanggan dapat memesan produk yang telah dipilih
Pre-Condition –          Pelanggan telah login
Scenario –          Pelangan dapat melakukan pendaftaran

–          Pelanggan dapat melihat kondisi produk, yang ingin di pesan

–          Pelanggan dapat melakukan pemesanan produk

–          Pelanggan dapat melihat status pengiriman produk

Referensi :

http://eprints.dinus.ac.id/16776/1/jurnal_15817.pdf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s